Identitas : SD Negeri Srondol Kulon
01 Semarang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2x35 menit)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2x35 menit)
I. Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
Kompetensi Dasar
3.3.Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.
Indikator
1. Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan
( gading gajah, kulit ular, kulit buaya ).
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan
(
gading gajah, kulit ular, kulit buaya ).
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
III. Materi Ajar
Pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
III. Materi Ajar
Pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Mencari informasi hewan yang sering dimanfaatkan yang mendekati kepunahan.
2. Mendiskusikan akibat perburuan hewan lain.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mendekati kepunahan ( gading gajah, kulit
ular, kulit buaya ).
2. Menjelaskan akibat perburuan hewan.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkan hasilnya.
4. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
C. Konfirmasi
2. Menjelaskan akibat perburuan hewan.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkan hasilnya.
4. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
C. Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI BSE
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
Beri tanda (√) pada kolom yang sesuai !
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan sesuai dengan bahasa sendiri
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
2. Penilaian Tulisan ( soal terlampir )
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kesesuaian jawaban
dengan bab yang dibahas
|
Seluruh jawaban sesuai dengan bab
yang dibahas
|
Setengah atau
Lebih isi jawban
Sesuai dengan bab yang dibahas
|
Kurang dari
Setengah isi
jawaban sesuai
Dengan bab yang dibahas
|
Seluruh isi jawaban belum
sesuai
|
2.
|
Kekreatifan
|
Semua kegiatan yang ditulis kreatif
|
Setengah atau
Lebih isi jawaban
yang ditulis kreatif
|
Kurang dari
Setengah isi
jawaban yang ditulis kreatif
|
Seluruh isi jawaban
belum
kreatif
|
3. Penilaian Perbuatan / Performance
Beri tanda (√) pada kolom yang sesuai !
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Peduli
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Anggi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Anisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Bintaria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Defry
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
EVALUASI
1. Apa tindakan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan ?
2. Berilah 3 contoh hewan yang sudah terancam punah karena sering diburu oleh manusia
1. Apa tindakan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan ?
2. Berilah 3 contoh hewan yang sudah terancam punah karena sering diburu oleh manusia
yang tidak bertanggung jawab !
3. Apa akibat perburuan hewan yang akan dilakukan secara terus menerus?
4. Bagaimana cara melestarikan hewan dari kepunahan?
5. Bagaimana upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian alam?
3. Apa akibat perburuan hewan yang akan dilakukan secara terus menerus?
4. Bagaimana cara melestarikan hewan dari kepunahan?
5. Bagaimana upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian alam?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi danv bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui, Semarang,Desember 2014
Kepala
Sekolah Guru/Wali Kelas
NIP NIP
0 comments:
Post a Comment